3 Juli, 2022

The Campus Magazine Polimdo

Lensa Informasi dan Aspirasi

Nepotisme Berbalut Beasiswa

2 min read

Penulis : Gunawan Ndai

image_editor_output_image-1620821707-1614299921463 Nepotisme Berbalut Beasiswa
Ilustrasi (Foto: odeanakbangsa.blogspot.com)

TheCamp- Kemajuan suatu Negara bias diukur dari berbagai faktor, salah satunya pendidikan. Layaknya suatu motor penggerak, pendidikan merupakan langkah awal dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) disuatu Negara.

Dalam hal pemerintah, mereka pun tidak pernah letih dalam berupaya, bekerja keras menopang motor penggerak ini untuk terus berputar, melaju sesuai jalur untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan prinsip keadilan.

Salah satu langka yang dilakukan pemerintah adalah dengan memberikan tunjangan kepada pelajar atau mahasiswa sebagai bantuan biaya belajar (beasiswa) bagi mereka yang kurang mampu untuk tetap bisa menempuh pendidikan.

Namun tidak demikian, beasiswa yang awalnya bertujuan mulia, kini menjadi lahan meraup keuntungan oleh para oknum yang tidak bertanggungjawab.
Tak tanggung prosesi korupsi melalui nepotisme menjadi strategi jitu oleh para oknum tersebut dalam hal penyaluran beasiswa. Gelar pengajar seperti dikesampingkan ketika menghadapi hal ini, saya rasa dunia pendidikan telah menciptakan kelas-kelasnya dimana ada hak-hak dari beberapa orang mahasiswa dilunturkan dan yang lain diselimuti meskipun sudah kepanasan.

Pemetaan-pemetaan gaya baru yang tumbuh antara masyarakat itu sendiri seperti kaum borjuis dan proletar (menurut Karl Max) tanpa kita sadari mengakar kuat dan tumbuh subur dalam tubuh pendidikan dan dilestarikan oleh para pengajar yang menjelma menjadi politisi ulung dalam istansi pendidikan.

Tentu tidak semudah membalikan telapak tangan demi untuk mewujudkan hal-hal tersebut. Kebiasaan-kebiasaan yang dibangun dalam diri pelajar atau mahasiswa dalam hal kritis untuk menanggapi sesuatu kebijakan dari pihak pemangku kekuasaan dalam dunia pendidikan yang berkaitan dengan dirinya sendiri masih sangat kurang, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya pelajar atau mahasiswa yang masih tetap diam jika mendapat perlakuan kurang adil selama menempuh pendidikan.

Praktek-praktek nepotisme dalam berbagai bentuk, terutama dalam penyaluran beasiswa di dunia pendidikan telah menciptakan kerajaan baru di zaman reformasi sekarang ini.

Apakah nepotisme berbalut beasiswa akan tetap subur diperiode ini? Mari kita kawal!

 

(Pihak UKM Pers Mahasiswa Polimdo sedang melakukan update tulisan)

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.